Rabu, 07 April 2010

Desain WAN

WAN adalah singkatan dari A Wide Area Network, dan menurut definisi WAN terdiri dari berbagai koneksi jaringan di antara beberapa situs. Sebuah WAN digunakan untuk menyediakan antar-konektivitas antara remote site biasanya menggunakan kecepatan yang cukup kurang dari koneksi LAN berkabel. Berbagai teknologi WAN dan opsi yang tersedia konektivitas yang memungkinkan koneksi remote site. Menurut Definisi WAN, WAN menghubungkan perangkat yang dipisahkan oleh bidang-bidang yang luas.
WAN menggambarkan hubungan antara Wide Area Network dan perangkat.
WAN didesain untuk:
* Operasi atas wilayah geografis besar
* Bolehkan akses melalui interface serial yang beroperasi pada kecepatan yang lebih rendah
* Menyediakan penuh waktu dan paruh waktu konektivitas
* Hubungkan perangkat yang dipisahkan lebih luas, bahkan area global
WAN menggambarkan hubungan antara perangkat termasuk yang berikut:
1. Jaringan router, menawarkan banyak layanan termasuk internetworking dan port interface WAN
2. LAN Switches, menyediakan koneksi ke WAN bandwidth untuk suara, data, dan video komunikasi
3. Modem, bahwa suara-kelas antarmuka jasa; Sertakan layanan saluran unit / unit layanan digital (CSU / DSU) yang antarmuka layanan T1/E1; Terminal Adapter / Network Termination 1 (TA/NT1) bahwa antarmuka Jaringan Digital Pelayanan Terpadu (ISDN) jasa
4. Komunikasi server yang berkonsentrasi dial-in dan dial-out komunikasi pengguna.
5. WAN menggunakan OSI model pendekatan berlapis untuk bingkai enkapsulasi seperti LAN's tetapi terutama berfokus pada fisik dan lapisan data link.
Protokol lapisan fisik WAN menggambarkan bagaimana menyediakan listrik, mekanik, operasional, dan fungsional koneksi wide-area layanan jaringan. Layanan ini paling sering diperoleh dari penyedia layanan WAN seperti Bell Operasi Perusahaan Daerah (RBOCs), alternatif pembawa, dan Pos, Telepon, dan Telegraf (PTT) lembaga.

WAN Data-Link Layer
Definisi WAN mengenai data-link protokol menggambarkan bagaimana bingkai dilakukan antara sistem pada satu jalur data. Mereka termasuk protokol dirancang untuk beroperasi lebih didedikasikan point-to-point, multipoint, dan multi diaktifkan akses layanan seperti Frame Relay.
WAN Definisi WAN juga menggambarkan standar, yang biasanya menggambarkan baik metode pengiriman layer fisik dan layer komunikasi data persyaratan termasuk menyikapi dan enkapsulasi kontrol aliran.
WAN Physical Layer
Definisi WAN tentang lapisan fisik WAN menggambarkan interface antara peralatan terminal data (DTE) dan data circuit-terminating equipment (DCE). Biasanya, DCE adalah penyedia layanan, dan DTE adalah perangkat terpasang. Dalam model ini, layanan yang ditawarkan kepada DTE yang dibuat tersedia melalui sebuah modem atau unit pelayanan saluran / layanan data unit (CSU / DSU).
Beberapa standar lapisan fisik menentukan interface ini:
* EIA/TIA-232
* EIA/TIA-449
* V.24
* V.35
* X.21
* G.703
* EIA-530
Data Link Layer: WAN Protokol
Definisi WAN juga menggambarkan data-link umum encapsulations terkait dengan garis serial sinkron terdaftar dalam grafik di bawah ini:
Protokol WAN
* High-Level Data Link Control (HDLC) - HDLC adalah sebuah standar ISO yang mungkin tidak kompatibel antara berbeda. HDLC mendukung baik point-to-point dan multipoint konfigurasi.
* Frame Relay - Dengan menggunakan framing yang disederhanakan tanpa mekanisme koreksi kesalahan atas digital kualitas tinggi fasilitas, Frame Relay dapat mengirimkan data dengan sangat cepat, dibandingkan dengan protokol WAN lainnya ini.
* Point-to-Point Protocol (PPP) - Digambarkan oleh RFC 1661, dua standar yang dikembangkan oleh IETF. PPP berisi field protokol untuk mengidentifikasi jaringan-lapisan protokol.
* Integrated Services Digital Network (ISDN) - Satu set layanan digital yang mentransmisikan suara dan data melalui saluran telepon yang ada.
* Data Link Layer Protokol WAN mendukung connectionless dan connection-oriented Protokol lapisan yang lebih tinggi.



1 komentar:

zaki mengatakan...

Halo, saya ada link referensi mengenai wide area network (WAN)..

http://jaketkuning.unsri.ac.id/zaki/blog/1609/

semoga ini dapat membantu anda..

thanks